Cara Mengetahui Uptime Komputer Dengan Mudah

Uptime komputer menunjukkan telah berapa lama suatu komputer telah berjalan menjalankan fungsinya dan dalam kondisi hidup. Dalam dunia server, uptime menunjukkan seberapa lama komputer server telah berjalan tanpa berhenti. Uptime komputer server akan menunjukkan nilai 365 (366) hari dalam setahun jika berjalan terus tanpa henti. Jika hal ini terjadi, maka uptime komputer server dapat dikatakan 100%. Jika dalam satu tahun bekerja, uptime komputer tidak sampai 365 hari dalam setahun, maka uptime-nya tidak sampai 100%.

Cara Mengetahui Uptime Komputer

Saat ini ada tiga jenis operating system yang banyak digunakan yaitu windows, linux dan MacOS. Berikut ini langkah sederhana untuk mengetahui uptime komputer masing-masing jenis operating system.

1. Komputer Windows

Untuk mengetahui uptime komputer windows, ikuti langkah berikut :

a. Masuk ke menut task manager dengan menekan tombol control+alt+del secara bersamaan.

b. Masuk ke menu Performance. Maka akan terlihat gambar berikut :

 

Cara Mengetahui Uptime Komputer Dengan Mudah

Panah berwarna hijau menunjukkan menu Performance. Sedangkan panah berwarna merah menunjukkan uptime. Nilai uptime menunjukkan 0:00:21:13. Hal ini menunjukkan bahwa komputer windows tersebut memiliki uptime 21 menit 13 detik.

2. Komputer Linux

Untuk mengetahui uptime komputer linux, cukup dengan mengetikkan perintah “uptime” di dalam aplikasi terminal. Maka akan terlihat nilai uptime-nya seperti gambar berikut :

Cara Mengetahui Uptime Komputer Dengan Mudah

3. Komputer Macbook

Untuk mengetahui uptime komputer macbook, cukup dengan mengetikkan perintah “uptime” di dalam aplikasi terminal. Maka akan akan terlihat nilai uptime-nya seperti gambar berikut :

Cara Mengetahui Uptime Komputer Dengan Mudah

Gambar merah menunjukkan perintah uptime yang diketikkan di terminal dan nilai uptime terlihat di bawahnya.

Demikian cara sederhana untuk mengetahui nilai uptime dari komputer windows, linux dan macbook. Semakin tinggi nilai uptime maka semakin bagus. Nilai tertinggi adalah 100% yang dihitung dengan cara seberapa lama komputer tersebut berjalan dalam satu tahun(hitungan hari) dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun(365/366 hari.

Khusus untuk komputer yang digunakan untuk server, mempunyai nilai uptime sebesar 100% adalah dambaan bagi setiap pengguna hosting, terutama untuk hosting yang memiliki traffik tinggi. Uptime komputer server biasanya mencapai 99,99 %, dan itu sudah sangat bagus. Untuk mencapai uptime sebesar ini dibutuhkan kehandalan server dan pengelolanya.

Leave a Comment